6 Juni 2014

3 CIRI ORANG YANG SUKA RIYA'

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Riya' ialah seseorang melakukan suatu kebaikan atau meninggalkan suatu keburukan dengan niat dan tujuan agar dilihat dan dipuji oleh manusia.

Riya' merupakan Syirik Kecil yg paling ditakutkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam akan menimpa umatnya. Hal ini berdasarkan sabda beliau (yg artinya): "Sesungguhnya sesuatu (dosa) yg paling aku takutkan akan menimpa kalian adalah Syirik Kecil." Maka mereka (para sahabat) bertanya: "Apa yg dimaksud Syirik Kecil itu?" Beliau jawab: "(Syirik Kecil itu) adalah RIYA'. Allah Ta'ala berkata pd hari Kiamat apabila Dia tlh memberikan balasan trhdp amal perbuatan manusia; "Pergilah kalian kpd orang-orang yg dulu sewaktu di dunia kalian berbuat riya' (pamer) kpd mereka. Lalu lihatlah, apakah kalian mendapatkan balasan (atas perbuatan kalian) di sisi mereka?". (HR. Imam Ahmad di dlm Al-Musnad V/428 no.429, dengan sanad Hasan).

» Ali bin Abi Tholib radhiyallahu 'anhu berkata:
للمرائي ثلاث علامات :
- يكسل إذا كان وحده - وينشط إذا كان في الناس
- ويزيد في العمل إذا أثني عليه وينقص إذا ذم

"Orang yang suka riya’ (pamer dan tidak ikhlas dlm beramal) memiliki tiga buah tanda (yaitu):

1. Apabila sendirian, maka dia menjadi pemalas.
2. Apabila berada di tengah orang-orang, ia semakin bertambah semangat.
3. Dia akan meningkatkan amalnya jika dipuji dan akan mengurangi amalnya jika dicela orang (karena melakukannya).(Lihat Al-Kabaa’ir, karya imam Adz-Dzahabi hal. 145).

» Ia (Ali bin Abi Tholib) jg pernah mengatakan: "Janganlah engkau melakukan suatu kebaikan karena riya' (pamer dan ingin dipuji oleh orang lain). Dan jangan pula kau meninggalkannya karena rasa malu (kpd orang lain)." (Lihat Adabud-Dunya Wad-Diin, hal.110).

Demikian Faedah Ilmiyah & Mau'izhoh Hasanah yg dpt kami sampaikn. Smg Allah memberikan keikhlasan kpd kita dlm setiap amal ibadah, dan melindungi kita dr Riya' dan pembatal ikhlas. (Klaten,6/6/2014).

» KLIK: http://abufawaz.wordpress.com